Image
18-08-2016 1127

KUIS KIHAJAR PROVINSI LAMPUNG 2016

Kuis Kihajar 2016 telah dimulai pada 2 Mei 2016. Serangkaian soal telah disiapkan dan disajikan untuk  sesuai dengan jenjang sekolah. Ikuti terus kuisnya dan rebut hadiah total Rp. 200 juta. Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan kopetensi yang di tujukan kepada siswa SD,SMP,SMA Sederajat) di seluruh tanah air untuk mengukur kemampuan TIK para siswa melaluisi siaran Televisi Edukasi dan pemanpaatan Portal Rumah Belajar. Kuis Kihajar 2016 dalam rangka mensosialisasikan pemanpaatan siaran Televisi Edukasi, Radio Edukasi, Streaming dan Video on Demand. Kuis Kihajar provinsi lampung dilaksanakan tangal 15 sd 16 Agustus  2016. Petugas dan juri tingkat nasional datang ke provinsi lampung ada tiga orang yaitu juri (satu) Samsul Dadi, juri (dua) Ika Kurniawati , juri (tiga) Adjri Saptiani kesemuanya dari Pustekom.

Kuis Kihajar di Provinsi Lampung meliputi 2 kegiatan, yaitu:

1. Hari Pertama:
Melaksanakan Kuis Kihajar Tingkat Provinsi (Lokal) untuk memilih 6 finalis yang masing-masing merupakan. 
2(dua) peringkat teratas siswa:  SD/SMP/ SMA (sederajat). Peserta kuis di tingkat provinsi bukan merupakan finalis pada kuis Kihajar .

2. Hari Kedua: Finalis mengikuti tes terkait kompetensi yang diukur berupa keterampilan (skill) dalam pemanfaatan TIK; yaitu membuat proyek dalam bentuk digital, dengan ketentuan sbb.:

  • Peserta diminta membuat proyek mandiri dalam bentuk Digital Content.  Digital Content tersebut dapat berisi konten apa pun, yang tak bertentangan dengan unsur SARA dan etika; dapat berbentuk media presentasi; dapat diolah dari satu atau lebih media, seperti media: video, audio, multimedia, infografis, foto atau bentuk digital lainnya.
  • Juri tingkat provinsi dan juri pusat akan menguji dan meminta setiap peserta untuk mempresentasikan hasil digital content. Setiap digital content (video, audio, multimedia, infografis, foto, bahan presentasi lainnya) yang dipresentasikan siswa memiliki skala penilaian yang berbeda. Semakin kompleks digital content yang dihasilkan baik dari sisi materi, teknis dan format medianya maka nilainya akan semakin tinggi.
  • Tes membuat proyek digital merupakan tes akhir Juri akan menentukan 3 orang pemenang yang masing-masing merupakan 1 peringkat teratas siswa jenjang:  SD/SMP/ SMA (sederajat) dan merupakan perwakilan provinsi pada Kuis Kihajar tingkat Nasional.
Tujuan Kuis Kihajar untuk memotivasi siswa, untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Meningkatkan kompetensi siswa melalui pemanfatan TIK.Memfasilitasi siswa untuk unjuk prestasi. Pada hari Selasa tangal 16 Agustus 2016 ditetapkan hasil penilayan tes seleksi tahap II peserta Kuis Kihajar yang di selenggarakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung sebagai berikut :

Jenjang SD. Audra Aurora Izzani dari SDN2 Rawa Laut Kota Bandar Lampung peringkat pertama dengan nilai 89,23

Jenjang SMP. Audreyna Raihan Rachma dari SMP Al-Kausar Kata Bandar Lampung peringkat pertama dengan nilai 83,53

Jenjang SMA (sederajat) M.Ridho Adi Saputro dari SMA YP Unila Bandar Lampung pringkat pertama dengan nilai 88,9
 
Peserta terbaik  ini akan mewakili lampung untuk berlomba di tingkat pusat di Jakarta. Kuis Kihajar tingkat nasional 2016                                                                                                                                     (Syafe’i)