Image
12-04-2017 688

Pelaksanaan UN SMA/MA Tahun Ajaran 2016/2017

Rombongan pejabat Pemerintah provinsi  Lampung yang dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM Harun Al Rasyid mengunjungi pelaksanaan UNBK di tiga SMA/MA di Bandar Lampung, yaitu MAN 1 Bandar Lampung, SMA Al-Kautsar dan SMA Negeri 2 Bandarlampung. Mengenai hasil kunjungannya di MAN 1 Bandar Lampung, Harun Al Rasyid menjelaskan bahwa pada tahun ajaran 2016/2017, siswa yang mengikuti UN berjumlah 423 siswa dengan tiga sesi pelaksanaan, sedangkan di SMA Al-Kautsar jumlah siswa yang mengikuti UN berjumlah 294 siswa dan terakhir di SMA 2 Bandar Lampung dengan jumlah siswa yang mengikuti UN berjumlah 427 siswa. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar usai memantau pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di Bandarlampung, Senin  (10/4)
mengatakan bahwa Total keseluruhan SMA/MA yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer saat ini ada 231 sekolah dengan peserta 30.941 siswa,"
Ia menyebutkan berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, tercatat total SMA/MA yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) ada 653 sekolah dengan peserta 35.408 siswa. Menurutnya, SMA/MA se-Lampung yang mengikuti ujian UNBK dan UNPK yaitu 884 sekolah dengan jumlah peserta 66.349 siswa.  Saya berharap tahun depan sekolah yang menggelar UNBK sebesar 50 persen dari total sekolah SMA/MA se-Lampung.
 
Pemerintah Provinsi Lampung, lanjutnya, telah berupaya dalam menyiapkan pelaksanaan UN agar mampu terlaksana dengan tertib dan baik tanpa adanya suatu kendala.  Ia mengharapkan ujian dapat berlangsung dengan tertib dan baik. Selain itu, para siswa telah berkonsentrasi dengan baik untuk melaksanakan Ujian Nasional.

Sulpakar mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung saling berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi adanya suatu kecurangan.

Khusus UNBK dan UNKP kali ini tidak ada ujian bocor. Kalaupun ada hanya provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu pelaksanaan ujian nasional ini. Selain itu, kami berharap agar orang tua mendukung anaknya yang sedang melaksanakan UN agar tidak terpengaruh dengan provokasi ini," kata Sulpakar.

Ia juga menambahkan khusus bagi siswa yang berhalangan hadir baik karena sakit ataupun terkendala persoalan hukum, maka akan diberikan keringanan yaitu mengikuti ujian susulan.

Target Pemerintah Provinsi Lampung tahun depan paling tidak 50 persen sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di Provinsi Lampung dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).