Image
23-10-2017 900

Pemprov Lampung Gelar Lomba Menulis Esai tentang JTTS dan Bandara Radin Inten II

BANDARLAMPUNG : Guna mendukung perkembangan literasi di kalangan masyarakat umum, pelajar, dan mahasiswa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Lomba Menulis Esai 2017. Lomba esai atau opini dengan tema "Optimisme Masa Depan Provinsi Lampung dengan Kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera dan Bandara Internasional Radelin Inten II" itu memperebutkan total hadiah uang senilai Rp25 juta. Kepala Diskominfo Lampung, Achmad Chrisna Putra, mengatakan lomba penulisan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan respons dari masyarakat Lampung terkait dengan pembangunan infrastruktur di Lampung. "Terutama pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dan Bandara Internasional Radin Inten II,” kata Chrisna, Jumat (20/10/2017). Chrisna mengatakan para peserta lomba harus memilih salah satu subtema untuk ditulis. Yaitu, (1) Jalan Tol Sumatera dan Peluang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Lampung, (2) Dampak Positif Jalan Tol Trans Sumatera bagi Peningkatan Pemerataan Ekonomi Daerah di Lampung, (3) Manfaat Jalan Tol Trans Sumatrera dan Pengembangan Wilayah Strategi di Lampung, (4) Peluang dan Tantangan Bandara Radin Inten II sebagai Bandara Internasional, dan (5) Peluang Pengembangan Destinasi Wisata di Lampung Setelah Hadirnya Bandara Radin Inten II dan Jalan Tol Trans Sumatera. “Naskah dikirim ke panitia pada 1 November hingga 25 November 2017. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 4 Desember 2017,” kata Chrisna. Menurut Chrisna, lomba ini terbuka untuk seluruh warga Lampung kategori umum, pelajar, dan mahasiswa. “Bukti bahwa peserta adalah warga Lampung ditunjukkan dengan fotokopi kartu tanda penduduk, kartu pelajar, atau kartu mahasiswa,” kata dia. (**/PRO2) Syarat peserta lomba;

  1. Peserta lomba terbuka untuk siswa/i SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan umum aktif dengan dibuktikan kartu tanda mahasiswa/pelajar.
  2. Peserta merupakan perorangan, peserta boleh mengirim maksimal, peserta wajib melakukan pendaftaran melalui SMS dengan format Nama Asal ke Nomor (di gambar), dan peserta wajib mengikuti prosedur dan ketentuan lomba yang telah ditetapkan panitia.
  3. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan panitia dan dilampirkan surat pengiriman berkas.
  4. Formulir pendaftaran bisa diunduh di https://id.scribd.com/document/362121162/Formulir-Pendaftaran-Lomba-Menulis-Esai-Pemerintah-Provinsi-Lampung-2017.
  5. Naskah peserta merupakan asli/orisinal pemikiran peserta, tulisan asli peserta, bukan plagiat serta belum pernah diikutkan pada lomba sejenis, bukan hasil googling di dunia maya dan belum pernah dipublikasikan.
  6. Naskah peserta menjadi hak panitia penyelenggara, naskah tidak mengandung unsur SARA, hujatan dan hoax, nantinya naskah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dengan type PDF jika dinilai perlu peserta dapat melakukan presentasi di hadapan dewan juri.
  7. Peserta akan diseleksi menjadi 6 finalis terpilih untuk dilakukan pendalaman dalam bentuk presentasi/wawancara terhadap 6 nominator juara untuk verifikasi dan pendalaman sekaligus untuk menguji orisinalitas tulisan.
  8. Panitia hanya mengambil peserta terbaik yaitu juara I, II, III, segala bentuk kecurangan dan pelanggaran atas ketentuan lomba maka peserta dengan tulisannya dapat dinyatakan diskualifikasi bagi peserta, di mana keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  9. Naskah yang dikirimkan sesuai dengan tema dan sub tema, naskah diketik dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD ejaan yang baik dan benar. Apabila terdapat bahasa asing haruss dicetak miring.
  10. Panjang naskah essay antara 3  5 halaman (belum termasuk halaman judul, daftar pustaka dan lampiran). Naskah ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12, margin (3.4.3.3) top, left, bottom, right ling spasi 1,5 paper (A4).
  11. Pada bagian atas ditulis judul dengan huruf capital dan baris dibawahnya ditulis nama penulis, nama dan email penulis.
  12. Naskah Esai berupa soft file  berikut Surat Pendaftaran dan Daftar Riwayat Hidup, dan pas foto berwarna 4 x 5 (format JPG) dikirim ke : lombaessaylampung2017@gmail.com
  13. Naskah Hardcopy  file  berikut Surat Pendaftaran , Daftar Riwayat Hidup yangsudah diisi, dan Pas Foto 4 x 6 dikirim dalam amplop tertutup dikirim ke: Panitia Lomba Menulis Pemprov Lampung 2017, dengan alamat: Dinas Konunikasi, Informasi, dan Statistik Provonsi Lampung Kompleks Pemprov Lampung Jalan Robert Wolter Monginsidi Bandar Lampung
Hadiah bagi para pemenang adalah sebagai berikut. Umum : Juara 1. Rp5 Juta Juara 2. Rp3,5 Juta Juara 3. Rp2 Juta Mahasiswa Juara 1. Rp4 Juta Juara 2. Rp2,25 Juta Juara 3. Rp1,5 Juta Pelajar Juara 1. Rp3 Juta Juara 2. Rp2 Juta Juara 3. Rp1.5 juta