Sejarah Asal Usul Gitar di Dunia

Sejarah pembuatan gitar telah lama tertanggal dengan penemuan pahatan batu berusia 3.300 tahun yang menggambarkan seorang penyair kerajaan Het dengan instrumen senar dan representasi ikonograf tertua dari sebuah chordophone. Kata “gitar” itu sendiri memiliki sebelum adanya gitar listrik dan barang-barang sintetis yang berarti “papan suara datar yang terbuat dari kayu, yang panjang, memiliki leher dan bagian belakang juga datar”. Chordophone, yang menyebabkan kebingungan pada banyak orang. Kata gitar dalam bahasa Indonesia adalah adaptasi bahasa Inggris dari gitar yang berasal dari bahasa Arab Andalusia, Qitara. Itu sendiri merupakan kata serapan dari Cithara Latin, yang merupakan turunan dari bahasa Yunani kuno.

sejarah-gitar

Sejarah gitar di seluruh dunia
Meskipun tidak ada yang tahu persis bagaimana gitar itu dibuat, para sejarawan berpendapat bahwa gitar itu dari Kithara di Yunani, bar di Eropa Barat, lyra, kecapi dari Eropa dan Timur Tengah dan vihuela dari Spanyol. Puisi berjudul The Book of Good Love juga menggambarkan dua alat musik awal yang dikenal sebagai guitarra morisca dan guitarra latina. Alat musik yang disebut “gitar” itu sendiri pertama kali muncul dalam literatur di abad ke-13. Namun demikian, sebagian besar catatan abad pertengahan ini menggambarkan instrumen sebagai kisi-kisi.

Inkarnasi gitar modern pertama kali muncul di Renaissance. Gitar pada waktu itu memiliki empat pasangan string dinamai kelas. Gitar Renaissance juga banyak berhubungan dengan Vihuela dari Spanyol, alat musik enam-kursus dengan suasana dan konstruksi yang sama. Pada 1555 Juan Bermudo menerbitkan Declaracion de Instrumentos Musicales, sebuah kontrak yang mencakup bagian tentang instrumen senar. Publikasi ini mengeksplorasi hubungan antara gitar dan vihuela dan juga membedakan antara gitar 4 dan 5 kecepatan. Gitar 4-kursus bahkan tidak mencapai titik di mana ia dapat dihilangkan dengan gitar 5-kursus hingga era Barok.

Hingga abad ke-16, Vihuela menjadi alat musik yang sangat populer di Spanyol dan Italia. Instrumen ini tampaknya memiliki pengaruh kuat pada desain dan tuning gitar 5-speed yang pertama kali muncul di Spanyol pada pertengahan abad ke-16. Beberapa waktu lalu, gitar 5-speed perlahan-lahan mulai menggantikan posisi gitar Renaissance, yang memiliki 4 gigi, terutama di Spanyol. Gitar 5 kecepatan ini kemudian menetapkan penyeteman standar modern – A, D, G, B, E – sebagai senar teratas yang berlanjut hingga saat ini. Dari pertengahan abad ke-18 hingga awal abad ke-19, gitar berkembang menjadi alat musik dengan enam senar. Pada saat itu gitar 6-string bahkan lebih kecil dari gitar modern.

Gitar klasik modern saat ini berhutang segalanya pada Antonio de Torres. Konstruksi gitar ini sejak pertengahan abad ke-19 sebagai standar untuk produksi alat musik tradisional. Gitar klasik kontemporer sendiri mengikuti jejak desain Smallman, di mana braket kipas telah digantikan oleh balsa yang lebih ringan, yang melekat pada bagian belakang papan suara dengan serat karbon. Braket balsa ini memiliki pola sarang lebah dan memungkinkan papan suara untuk membuat lebih banyak mode getaran. Ini memungkinkan gitar mengeluarkan suara lebih keras.

Selama pengembangan, berbagai percobaan dilakukan untuk memperkuat getaran pada instrumen senar. Eksperimen ini telah dilakukan sejak awal abad ke-20. Ada beberapa paten yang berasal dari tahun 1910 yang menunjukkan adaptasi dan penggunaan pemancar untuk telepon yang dibangun menjadi biola dan banjo untuk memperkuat suara mereka. Pencinta gitar juga melakukan percobaan ini pada tahun 1920-an, menggunakan mikrofon tombol karbon yang ditempatkan di jembatan. Sayangnya, penempatan mikrofon sebenarnya menangkap getaran dari jembatan di atas instrumen, menghasilkan sinyal yang buruk.

Genesis gitar listrik itu sendiri pada awalnya dirancang oleh pembuat gitar dan pembuat alat musik. Beberapa gitar listrik pada awalnya mengadaptasi instrumen akustik dengan tubuh kosong dan menggunakan pickup tungsten. Gitar listrik pertama dirancang pada tahun 1931 oleh George Beauchamp, General Manager dari National Guitar Corporation, bersama dengan Paul Barth, yang menjadi wakil presiden di lokasi yang sama. Prototipe bernama “Frying Pan” memiliki warna maple dan diproduksi oleh Harry Watson, seorang pengawas pabrik dari National Guitar Corporation. Purwarpa diluncurkan pada akhir musim panas 1932 oleh Ro-Pat-In Corporation (kependekan dari Los Angeles Electro-Patent-Instrument Company), mitra bisnis Beauchamp, Adolph Rickenbacker dan Paul Barth. Pada tahun 1934, perusahaan berganti nama menjadi Perusahaan Instrumen Senar Rickenbacker Electro.

Dalam perjalanan asal mula gitar, alat musik berkembang menjadi banyak jenis dan dapat dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu akustik dan listrik. Jenisnya termasuk:

Gitar akustik
Gitar Renaisans dan Barok
Gitar klasik
Gitar klasik dengan jangkauan luas
Gitar bagian atas
Gitar archtop
Gitar Selmer-Maccaferri
Dobro atau resonator atau gitar Recophonic
Gitar 12 senar
Gitar Rusia
Gitar bass akustik
Guitarron
Gitar tenor
Gitar harpa
Gitar dengan jangkauan yang luas
Gitar Battente
gitar elektrik

Sumber :