Sejarah Pembuatan Patung Liberty

Patung Liberty adalah bangunan paling bersejarah dan fenomenal di Amerika. Patung ini bahkan telah menjadi ikon Amerika yang diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Perjalanan ke Amerika tidak lengkap kecuali jika Anda mengambil gambar di depan patung, yang melambangkan kebebasan masyarakat Amerika, meskipun Patung Liberty telah menjadi ikon kebanggaan. Tidak banyak orang yang tahu bagaimana patung ini dibuat. Bagaimana pematung harus berusaha mencari uang di sana-sini agar patung ini bisa berdiri. Kisah penciptaan Patung Liberty, yang tidak diketahui banyak orang di seluruh dunia, mengikuti.

Sejarah-Pembuatan-Patung-Liberty.jpg

Desain asli Patung Liberty
Diskusi tentang sejarah pembangunan Patung Liberty terkait erat dengan penciptanya yang fenomenal. Namanya adalah Frederic Auguste Bartholdi dan dia adalah warga negara Prancis. Sejak masa kecilnya, Bartholdi menyukai dunia seni, ia memiliki profesi pelukis di usia muda. Untuk mengekspresikan semangat artistiknya yang berapi-api, ia berhasil membuat patung yang tak terhitung jumlahnya. Salah satu hasil kerja keras Bartholdi pada usia 18.

Ketika dia besar, dia bergabung dengan Perang Jerman-Perancis. Dalam perang ini, ia muncul dengan ide untuk membangun patung dengan tema kebebasan. Akhirnya, muncul ide untuk membuat Patung Liberty. Situs asli yang digunakan untuk situs pendiri bukan Amerika. Bartholdi, yang menjelajahi Mesir dan melihat Sphinx, bermimpi membangun patung terbesarnya di Terusan Suez.

Penggalangan dana yang sangat berat
Mengumpulkan dana untuk Patung Liberty sangat sulit. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa ini adalah proyek yang sangat tidak mungkin. Bartholdi mencoba dengan kekuatannya sendiri untuk mempengaruhi banyak orang di Perancis. Dia pindah dari kantor ke kantor untuk mengumpulkan uang paling sedikit. Kritik yang kuat dibuat oleh banyak orang di Perancis.

Meskipun demikian, dia telah memenuhi misi besar ini. Dia meminta sejumlah besar sumbangan, sampai akhirnya pada tahun 1879 sekitar 250.000 franc (setara dengan 750.000 dolar AS) dikumpulkan. Dari sini ia mulai membangun banyak bagian dari patung itu karena ia telah menerima banyak uang.

Buat patung kebebasan
Patung Liberty dibuat di Prancis pada tahun 1876. Bartholi menggunakan semua keahliannya untuk membuat patung megah ini. Desain dasar patung ini terbuat dari produk logam oleh Gustav Eiffel, yang telah berhasil mengendarai Menara Eiffel. Dari logam-logam kuat ini, Bartholdi mulai melapisi beberapa bagian dengan batu dan mengukirnya sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Dia bertarung sendirian selama sekitar delapan tahun. Jika ada pameran, ia berpartisipasi dan menunjukkan patung itu, yang hampir selesai. Dengan pameran ini ia telah menghasilkan banyak uang untuk menyelesaikan proyek fenomenal ini. Akhirnya, pada tahun 1884, Patung Liberty, simbol Dewa Liberty Liberty, selesai dengan sempurna.

Penggalangan dana di Amerika Serikat
Kebanyakan orang hanya tahu bahwa Patung Liberty disumbangkan dari Prancis ke Amerika. Pada prinsipnya itu hampir benar. Patung ini dibuat oleh warga Prancis dan sebagian dari uang itu dikumpulkan oleh para donor. Ini terjadi karena pemerintah Prancis tidak menyetujui proyek ini sampai dana habis. Selain itu, patung ini menghabiskan banyak uang.

Ketika Patung Liberty selesai, Bartholdi ingin meminta orang-orang di Amerika untuk membantunya. Terutama untuk penanganan dan pengiriman. Biayanya cukup tinggi dan ini telah ditolak oleh pemerintah AS. Mereka tidak dapat mengerti mengapa hanya sekelompok batu saja yang memiliki harga yang sangat mahal.

Akhirnya, ada seorang jurnalis bernama Joseph Putlizer yang memiliki ide cemerlang. Dia menulis sebuah artikel yang menyebabkan orang Amerika di Amerika berkontribusi. Menariknya, siapa pun yang menyumbang akan menunjukkan namanya di koran. Strategi ini berhasil dan memungkinkan Patung Liberty berlayar dari Prancis ke Amerika.

Ereksi dewi kebebasan di negara Amerika
Setelah satu tahun penggalangan dana, Patung Liberty akhirnya dibawa dari Perancis ke Amerika pada tahun 1885. Patung ini memiliki berat puluhan ribu ton, sehingga pengangkutannya membutuhkan waktu yang lama. Di Amerika sendiri, resepsi patung ini dilakukan dalam skala besar. Banyak warga New York siap membantu dengan proyek ini sehingga mereka dapat segera melihat patung megah itu.

Penyusunan Patung Liberty berjalan cukup lama. Dari mulai sampai hingga selesai disusun butuh waktu sekitar 6 bulan. Akhirnya pada 25 Oktober 1886 patung ini mampu berdiri dengan tegak. Bahkan, sehari setelahnya dideklarasikan sebagai hari libur nasional. Banyak orang dari berbagai penjuru Amerika menyaksikan Lady Liberty yang berdiri kokoh sebagai simbol kebebasan di Amerika.

Patung Liberty di Era Modern
Di era modern seperti sekarang, Patung Liberty sudah secara resmi menjadi tempat wisata andalan di Amerika, khususnya New York. Setiap tahun ada jutaan orang datang dari berbagai belahan dunia untuk menikmati kemegahan patung wanita yang merupakan simbol kebebasan di Amerika ini. Patung ini adalah bukti jika di masa lalu ada pria yang memiliki ambisi untuk mengabadikan sebuah kebebasan di tanah yang telah lama dijajah oleh bangsa Eropa.

Saat ini Patung Liberty banyak digunakan untuk aktivitas perayaan. Setiap tanggal 4 Juli (hari kemerdekaan Amerika), area ini akan penuh sesak dengan banyak orang yang ingin menyaksikan meriahnya kembang api. Saat tahun baru pun Patung Liberty juga menjadi latar perayaan yang sangat megah.

Demikianlah uraian singkat tentang sejarah pembuatan Patung Liberty yang sangat megah. Semoga bisa berguna untuk Anda semuanya.

Sumber :